-->

Resep Bolu Kukus Gula Jawa Mekar

Resep Bolu Kukus - Kue ini identik dengan kesan manis dan tentu saja citarasa empuk yang dihasilkan karena itu kue ini masih sangat digemari meskipun kue ini masuk dalam kue tradisionalm untuk bunda yang sudah biasa membuat kue kukus pastinya tidak akan kesulitan untuk membuat bolu kukus yang satu ini.

Kue tradisional khas jawa tengah ini sangatlah cocok untuk disajikan bersama teh pahit, pada tradisi jawa kue biasanya disajikan dengan teh baik teh manis ataupun teh pahit, nah untuk anda bunda yang suka kopi atau hanya menyajikan kopi untuk keluarga, kue ini juga cocok di sajikan dengan kopi sebagai sayarat bunda bisa menyajikannya saat masih hangat.

Jangan lupa juga pada saat penggunaan gula jawa bunda pilihlah gula jawa yang berwarna hitam pekat, biasanya yang berwarna hitam pekat merupakan gula jawa asli tanpa bahan pengawet kimia tambahan, selain itu gunakan juga tambahan kuning telur sebagai penggembang makanan alami selain tentu saja backing powder nantinya.
Bolu Kukus Gula Jawa
Bolu Kukus Gula Jawa
Gunakan juga tepung terigu premium untuk hasil yang lebih maksimal, tapi jika bunda ingin menggunakan tepung terigu biasa maka bunda bisa menggunakan tepung biasa tentunya harus diayak dahulu dengan ayakan kue ya bund, siapkan juga cetakan kue khusus kue bolu bisa dibeli di pasar tradisional atau toko kue sekalian juga beli kertas kue.

Untuk menghasilkan kue dengan hasil yang menggembang sempurna bunda perlu memperhatikan ukuran dan serta takaran yang pas, perlu diperhatikan juga saat bunda mengukusnya usahakan gunakan api yang sedang saja agar hasilnya menggembang rata alias tidak bantet, berikut adalah Resep Bolu Kukus Gula Jawa :

Bahan Membuat Bolu Kukus Gula Jawa

  1. Tepung Terigu 500 Gram
  2. Gula Merah 300 gram
  3. Gula Pasir 2 sdm
  4. Kuning Telur 4 butir
  5. Soda Kue 1 sdt
  6. Baking powder 1 sdt
  7. Air 400 ml
  8. Minyak Goreng 100 ml

Cara Membuat Bolu Kukus Gula Jawa

  • Langkah pertama adalah didihkan aii dengan gula merah dan gula pasir aduk aduk sampai semuanya lumer dan larut, angkat lalu dinginkan.
  • Siapkan wadah  lalu campur rata tepung terigu soda kue dan baking powder
  • Kocok kuning telur dengan mixer sampai halus dan menggembang masukan juga gula yang sudah halus tadi, lalu masukan juga adonan terigunya kocok dengan mixer sampai benar-benar halus dan menggembang
  • Tuangkan adonan kedalam cetakan sebelumnya lapisi cetakan dengan kertas roti yang sudah di olesi margarin pada bagian bawah cetakan
  • Kukus selama 25 menit menggunakan api sedang.
Kue bolu sangat cocok disajikan pada acara keluarga seperti hajatan, pernikahan atau bahkan acara arisan, untuk bunda yang melihat peluang bisnis dari usaha kue bolu rasanya akan selalu berkreasi dengan resep yang satu ini, selain enak kue bolu gula jawa sangatlah mempunyai ciri khas dari aroma gula jawa yang khas.
Gula Jawa Asli
Gula Jawa Asli
Note :
  1. Untuk resep yang kami tulis merupakan resep masakan yang dapat kami petanggung jawabkan
  2. Semua resep yang kami referensikan merupakan resep yang sudah kami coba, lalu kami tulis ringkasannya
  3. Untuk takaran Penyedap rasa sengaja tidak kami tampilkan untuk menjaga kesehatan rasa, bunda bisa menambahkan sendiri apabila perlu

0 Response to "Resep Bolu Kukus Gula Jawa Mekar"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel