-->

Resep Cenil Pelangi Modern

Resep Cenil Pelangi - Resep tradisional asal jawa kali ini terlihat cukup menarik, dengan warnanya yang seperti pelangi, cenil yang teksturnya lembut sangat cocok disajikan pada saat sore hari ataupun pagi hari untuk cemilan, selain itu kue tradisional ini juga membutuhkan kelapa parud sebagai pelengkapnya akan sangat kurang rasanya makan cenin tanpa kelapa parud dan taburan gula pasir pada bagian atasnya.

Cenil yang merupakan resep turun menurun dari pulau jawa meruapakan resep yang kokon dari Yogyakarta atau kawasan jawa tengah, so untuk bunda yang sedang berencana membuat kue tradisional ini dpat dipastikan bunda sedang melestarikan budaya bunda, karena kue tradisional jika diolah dengan benar maka tidak akan kalah dengan kue asal luar, terlebih kue tradisional Indonesia biasanya lebih halal dan terjamin.

Seperti halnya dalam membuat kue tradisional lainnya maka dalam membuat cenil ini sobat membutuhkan kelapa, kali ini kita akan menggunakan daging kelapanya yakni dengan cara diparud, mungkin untuk bunda yang jarang memarud kelapa akan sangat kesulitan namun bunda tak perlu khawatir karena sekarang mulai banyak penjual kelapa parud, namun ingat pada saat memilih pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua.

Warnanya yang menarik pastinya akan membuat buah hati bunda senang dengan kue ini, terlebih jika nanti bisa mencicipi rasanya yang enak pasti akan ketagihan, kue cenil juga sangat cocol jika dihidangkan pada acara pesta atau mungkin acara arisan bersama teman-teman, sebenarnya membuat cenil memang sedikit ribet namun jika sudah hapal cara membuatnya dapat dipastikan bunda akan terbiasa dan merasakan mudah. berikut Resep Cenil Pelangi Modern.

Resep Cenil Pelangi Modern
Resep Cenil Pelangi Modern
Resep Cenil Pelangi Modern

Bahan :
  • Larutkan 60 cc air bersih bersama 400 gram Tepung kanji dalam satu wadah
  • 1 sendok teh Garam halus
  • 215 cc Air bersih
  • 10 lembar daun pandan, kemudian cuci lalu iris tipis
  • 6 sendok makan Gula pasir
  • setengah daging kelapa, kemudian parut hingga halus
  • rebus 2 liter air bersih hingga mendidih
  • Untuk Pewarna makanan siapkan secukupnya dengan warna yang berbeda-beda

Cara Membuat Cenil Pelangi

  1. Larutkan dahulu garam bersama air bersih di dalam panci lalu rebus hingga mendidih dan matang. Selanjutnya ambil setengah tepung kanji dan masukkan ke dalam rebusan tersebut. Aduk hingga tepung tercampur rata dan kental. Kemudian angkat dan masukkan ke dalam wadah. Aduk dan olah supaya rebusan bahan-bahan tersebut tidak terlalu panas.
  2. Untuk sisa tepung kanji, masukkan ke dalam adonan tersebut dan uleni sampai merata. Jika sudah bagi adonan tersebut sampai menjadi 3 bagian. Campurkan pewarna makanan di setiap masing-masing bagian adonan.
  3. Berikuntnya, ambil setiap bagian adonan secukupnya dan bentuk sesuai yang diinginkan atau bentuk hingga menyerupai bola pingpong. Kemudian tindik hingga menyerupai sate pada umumnya.
  4. Untuk sisa adonan, lakukan seperti cara nomor 3.
  5. Setelah itu, masukkan adonan yang sudah di bentuk ke dalam panci yang sudah terisi rebusan daun pandan dan air. masak hingga benar-benar matang. Jika sudah matang, biasanya adonan kue cenil mengembang di atas air.
  6. Jika sudah, angkat kue cenil lalu simpan ke dalam wadah dan taburkan dengan parutan kelapa dan gula pasir.
    Cenil Pelangi
    Cenil Pelangi
Cukup mudah bukan bunda cara membuat cenil pelangi nya, sebagai tips saja saat membuat cenil pastinya bunda akan menggunakan pewarna makanan gunakan secukupnya saja contohnya seperti ini, gunakan satu tetes jika kurang pekat ditambahakan satu tetes lagi begitu pun seterusnya jangan gunakan pewarna yang terlalu banyak karena pastinya akan sangat tidak baik untuk tubuh, serta air 215 cc gunakan air mentah saja namun yang bersih ya bund.
Baca Juga : Aneka Resep Minuman Lemon
Kue cenil yang merupakan kue tradisional pastinya merupakan pilihan tepat untuk bunda yang sedang ada acara arisan, acara keluarga lainnya, atau bahkan hanya untuk cemilan, karena kue cenil juga cukup kuat jika di simpan di lemari es, bisa dengan cara disimpan dalam plastik atau mungkin dimasukan kedalam wadah yang bertutup, namun sebagai catatan parudan kelaapanya jangan ikut dimasukan karena biasanya akan sedikit bau. semoga resep tentang Resep Cenil Pelangi Modern dapat bermanfaat.


1 Response to "Resep Cenil Pelangi Modern"

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel