-->

Resep Empal Daging Dan Cara Membuatnya

Resep Empal Daging - Sudah barang tentu sebagian dari bunda sudah menggenal dengan resep yang satu ini, iyak resep empal daging merupakan resep khas indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu alias warisan turun temurun dari nenek moyang kita, banyak yang menggatakan bawha resep empal merupakan resep yang semula berasal dari daerah istimewa yogyakarta yang mana sampai ke pelosok penjuru negeri, resep empal yang sedikit manis merupakan bukti bahwa empal masuk dalam salah satu masaka dari derah keraton Yogyakarta.

Perlu bunda ketahui juga bahwa sanya empal biasanya juga menggunakan bahan-bahan seperti daging sapi atau kulit sapi alias babad, keeduanya sama-sama enak dan memiliki tekstur yang berbeda, jika membuat dengan menggunakan kulit alias menggunakan dengan babad pastilah tekstur masakan tersebut akan menjadi lebih empuk dan kenyal, hanya saja sebagian dari bunda merasa sedikit jijik bila menggolah kulit sapi yang biasanya memiliki bau yang cukup menyyengat selain itu terdapat lendir yang harus dicuci dengan bersih.

Jika menggunakan daging sapi pastinya masakan akan sedikit menggalami perpedaan rasa dengan yang dibau menggunakan babad atau kulit sapi, sama dengan membuat dengan bahan babad dalam membuat resep empal daging juga proses pembersihannya diharuskan cukup baik supaya tidak meninggalkan kotoran atau bau pada proses ahirnya, sebagai tips saja pada saat membersihkan daging atau kulit sapi lebih baik bunda menggunakan air keran yang menggalir supaya nanti lebih bersih dan higienis.

Kandungan Zat besi yang terdapat pada daging sapi adalah salah satu kebutuhan penting bagi tubuh kita. Kita bisa mendapatkan zat besi dari daging sapi karena daging sapi mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia sehingga tubuh menjadi lesu. Zat besi pada daging sapi bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, mempengaruhi semangat belajar anak dan juga sebagai benteng bagi tubuh kita karena zat besi bisa meningkatkan kekebalan tubuh. maka dari itu sekiranya daging sapi sangat baik untuk pertumbuhan anak.

Jika bunda masih merasa harga daging sapi terasa mahal, maka resep kali ini bisa di akali alias diganti dengan menggunakan babad atau kulit sapi, rasanya memang akan sedikit berbeda namun resep kali ini hanyalah bahan utamanya saja yang diganti, maka simaklah ulasan lebih mendalam menggenai campuran bumbu-bumbu yang tepat dalam membuat Resep Empal Daging Sapi supaya bunda bisa mepraktekannya dengan baik dirumah, berikut adalah Resep Empal Daging Sapi Dan Cara Membuatnya Selamat mencoba.

Bahan-Bahan Membuat Resep Empal Daging

Resep Kikil Sapi Pedas
Resep Kikil Sapi Pedas

Bahan :
  • 1/2 kg daging bagian dalam atau kulit sapi dan babad. sebus sampai kenyal atau daging sapi
  • 350 ml santan kental
  • 1 sdt air asam jawa
  • 2 cm lengkuas, diparut
  • 2 lembar daun salam
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu Halus Empal Daging

  • 6 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 sdm gula merah yang sudah disisir
  • 1 sdt garam
  • (haluskan semua bumbu)
Cara Membuat Resep Empal Daging
  1. Pukul-pukul daging hingga agak lebar, kemudian sisihkan.
  2. Masak santan, air asam, lengkuas, 
  3. daun salam dan bumbu halus hingga mendidih.
  4. Masukkan daging, masak hingga empuk dan santan tipis.
  5. Goreng daging dalam minyak panas hingga kecokelatan. 
  6. Angkat dan hidangkan.
Resep Empal Daging Dan Cara Membuatnya
Resep Empal Daging Dan Cara Membuatnya
Jika sudah biasa membuat resep yang satu ini pastinya akan sangat mudah, pastikan jika bunda dirasa kesulitan dalam menghancurkan bumbu halusnya maka bunda bisa menggunkan blender untuk menghaluskan bumbu-bumbunya, selain itu pada saat perbusan tetelannya (kulit dan jeroan sapi) maka usahak bunda merebusnya sampai benar-benar matang dan terasa kenyal serta jangan lupa juga bersihkan dengan benar setiap bagian dari jeroan alias tetelan supaya nantinya lebih bersih dan higienis saat di santap.
Baca Juga : Resep Lobster Pedas Manis
Daging sapi merupakan daging yang sejatinya sangat kaya akan kandungan gizi, namun tidak salah rasanya jika daging sapi yang kandungan gizinya lebih banyak dari daging ayam memiliki nilai jual yang hampir 4X lebih mahal. proses nya yang lama juga menjadi salah satu hal yang membuat daging sapi menjadi lebih mahal, demikian resep aneka olahan sapi dan jangan lupa kunjungi juga aneka resep masakan Nusantara terbaru di Lumbung Resep yang mana resep yang kami sajikan selalu yang paling baru, demikian Resep Empal Daging Dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Empal Daging Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel