-->

Resep Sosis Solo Dan Cara Membuatnya

Resep Sosis Solo - Selamat sore bunda, kali ini saya akan membagian resep membuat sosis solo. Sudah banyak diketahui ini adalah salah satu kuliner yang sangat enak dan mudah untuk membuatnya, kuliner ini sangat cocok dijadikan alternatif kalu kita sudah bosan dengan olahan yang menggunakan bahan sosis tentunya, seperti sosis bakar atau sosis goreng. seperti yang kita ketahui sosis bukan hanya digemari oleh anak-anak namun orang dewasapun juga sangat menyukai olahan yang berbahan dasar sosis.

Meskipun sosis bukan berasal dari kuliner indonesia namun sosis ini sudah menjadi makanan faforit dikalangan masyarakat, ada banyak macam varian sosis dari sosis ayam, sosis sapi, sosis kambing, sampai sosis ikan. sosis sendiri merupakan makanan yang berasal dari eropa. olahan masakan ini sebenarnya berasal dari daging cincang yang diberi berbagai macam bahan kemudian dibungkus dengan usus sapi, namun belakangan sosis sosis sudah tidak menggunakan bungkus usus namun dengan berbagai macam bahan lain.

Resep olahan sosis ini sebenarnya sudah banyak dijumpai dimana mana baik dari sosis untuk lauk ataupun sosis yang digunakan untuk cemilan. jika bunda membeli sosis dalam jumlah yang cukup banyak atau untuk stok makanan sosis ini bisa dibekukan dalam suhu dingin, suhu dingin ini bisa membuat sosis menjadi awet dan tahan lama tanpa mengurangi kuwalitas dari sosis tersebut. Untuk resep olahan sosis solo ini bisa menggunakan berbagai macam sosis mulai dari sosis ayam, sosis sapi, sosis kambing, bahkan sosis ikan sesuai selera bunda. sosis solo tidak seperti sosis pada umumnya, sosis solo ini mirip dengan risoles atau masakan gulung yang diberi isi, isinya sendiri bisa terdiri dari daging cincang, telur dadar, sayuran atau bahan yang lainnya sesuai selera bunda.

nah tanpa berlama-lama lagi untuk bunda yang penasaran untuk merasakan rasanya dan ingin mencoba membuatnya sendiri kami akan memberikan tips khusus untuk menbuat resep sosis solo ini. simak dengan benar setiap cara dan langkah cara membuatnya agar hasil masakan bisa terasa enak dan maximal dan memuaskan perut bunda tentunya. berikut adalah cara membuat Resep Sosis Solo Dan Cara Membuatnya Selamat mencoba.

Bahan-Bahan Membuat Resep Sosis Solo 

Resep Sosis Solo
Resep Sosis Solo
Bahan :

  • 300 gr tepung terigu segitiga biru
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 4 bh telur ukuran besar, kocok lepas
  • 700 ml air [saya tambah sekitar 50 ml]
  • 3 sdm margarin, lelehkan

Isian Sosis Solo :

  • 500 daging sapi giling, [saya pakai daging ayam yang direbus kemudian disuwir lalu diiris kecil-kecil]
  • 5 btr bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1,5 sdt garam (sesuai selera)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 merica bubuk
  • 1/4 ketumbar bubuk
  • 100 ml air [saya pakai santan]
  • 2 sdm minyak utk menumis

Cara Membuat Resep Sosis Solo :



Pelapis Sosis Solo
  • 1-2 butir telur, kocok lepas [saya tambahkan 30 ml air]

Isian Sosis Solo :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. 
  2. Masukkan daging, aduk hingga berubah warna.
  3. Tuang air/santan, masukkan garam, gula, merica, ketumbar bubuk.
  4. Aduk sampai rata.
  5. Masak hingga airnya kering sambil sesekali diaduk.
  6. Masukkan daun bawang, masak sebentar, kemudian Cicipi.
  7. Pas kan rasanya dengan selera maisng-masing.

Kulit Sosis Solo :
  1. Campur terigu, garam, gula dan merica bubuk, kemudian aduk hingga rata.
  2. Masukkan telur dan tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan hand whisk sampai halus.
  3. Saring supaya tidak bergerindil.
  4. Panaskan wajan anti lengket, oles dengan sedikit margarin, dadar adonan hingga habis.
  5. Ambil selebar kulit, beri isi daging, lipat dan gulung.
  6. Celupkan ke kocokan telur, goreng hingga kuning kecoklatan.
  7. Sajikan dengan cabai rawit atau saus sambal botolan
Sosis solo yang bunda buat sudah bisa dinikmati bersama teman atau keluarga dirumah. Jika bunda suka pedas tambahkan saja cabai rawit pada sausnya, bagaimana bunda ? cukup mudah bukan cara membuatnya. kami yakin bunda yang baru mencoba membuatnya pasti bisa karena tidak ada cara yang begitu sulit saat membuat sosis solo ini. Sosis sendiri bisa didapatkan di pasar tradisional atau supermarket modern.
Baca juga : Resep Sop Buntut Sapi Goreng
Karena ada banyak pilihan sosis seperti sosis ayam, sosis sapi, sosis kambing, bahkan sosis ikan maka bunda harus pintar-pintar memilih supaya sesuai dengan selera yang bunda inginkan. agar sosis matang dengan sempurna sebaiknya saat menggoreng gunakanlah api yang sedang dan jangan terlalu lama saat proses penggorengan. cukup sampai sosis berubah warna menjadi kuning kecoklatan. sosis solo ini juga nikmat disajikan bersama nasi yang masih hangat atau dengan yang lain seperti kentang goreng sesuai selera bunda dan keluarga dirumah. demikian bunda Resep Sosis Solo Dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat buat bunda dan keluarga dirumah, terimakasih

0 Response to "Resep Sosis Solo Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel