-->

Resep Rendang Sayur Jamur Suwir Dan Cara Membuatnya

Resep Rendang Sayur Jamur Suwir - Rendang Sayur Jamur Suwir adalah nama makanan yang sudah sangat terkenal yang berasal dari daerah padang. makanan yang satu ini merupakan salah satu ciri khas dari warung padang. membuat rendang yang enak dan lezat juga tidak harus menggunakan bahan dasar daging, tetapi bisa juga menggunakan bahan sayuran. ini menjadi salah satu alternatif masakan buat bunda yang tidak terlalu suka dengan masakan yang berbahan dasar daging. namun kedua masakan tersebut memiliki rasa yang sama-sama enak dan juga gurih.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat resep kali ini menggunakan jamur tiram. ciri-ciri umumnya ialah tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. jamur tiram merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. jamur tiram ini sangat cocok dikonsumsi buat anak ya bun karena kandungan gizinya yang banyak pas untuk masa pertumbuhan.

Salah satu kendala dalam mengolah jamur tiram yang enak adalah bau aneh yang terdapat pada jamur. bau khas jamur yang mirip kayu tersebut membuat beberapa orang enggan mengolah dan mengkonsumsi jamur. agar olahan jamur lebih nikmat, pastikan bunda memilih jamur yang baru dan segar. sebelum diolah, bunda harus mencucinya hingga bersh. jangan lupa buang pangkal(akar) karena bagian tersebut yang memiliki aroma aneh paling kuat. bunda juga bisa mengukusnya sebentar, ini merupakan cara yang simple untuk menghilangkan bau pada jamur.

Sebenarnya apa sih kelebihan jamur tiram ini? jamur tiram merupakan bahan makanan yang memiliki penyedap alami sehingga tanpa perlu tambahan bumbu apapun, olahan jamur akan tetap nikmat disantap. namun untuk lebih lezat tidak ada salahnya jika bunda bereksperimen dengan mencampur bumbu-bumbu dapur lain untuk menambah kelezatan pada makanan jamur tiram kali ini. nah, inilah salah satu resep olahan jamur yaitu Resep Rendang Sayur Jamur Suwir Bahan-Bahan Membuat Rendang Sayur Jamur Suwiruwir semoga bermanfaat.

Bahan-Bahan Rendang Jamur Suwir

Rendang Sayur Jamur Suwir
Rendang Sayur Jamur Suwir

  • 500 gram jamur tiram, disuwir-suwir
  • 200 ml santan kental, dari 1 butir kelapa
  • 500 ml santan encer dari sisa perasan santan kental
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 1 lembar daun kunyit, dibuang tulangnya, diiris halus
  • 2 buah asam kandis
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 2 1/2 sendok teh gula merah
Bumbu Yang Dihaluskan :
  • 5 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 1/2 sendok makan ketumbar bubuk
Cara Membuat Rendang Jamur Suwir
  1. Rebus santan encer, bumbu halus, lengkuas, serai, daun kunyit, dan asam kandis sambil diaduk sampai mendidih.
  2. Masukkan jamur.
  3. Masak sambil sesekali diaduk di atas api kecil sampai mengental.
  4. Tuang santan kental.
  5. Masak di atas api kecil sambil diaduk sampai berminyak dan kering.
  6. Untuk 8 porsi
    Rendang Sayur Jamur Suwir
    Rendang Sayur Jamur Suwir
Selalu sajikan masakan yang sudah bunda buat dalam keadaan hangat ya bun, supaya lebih enak dan gurih tambahkan taburan bawang merah yang sudah digoreng diatasnya. selain mengandung banyak gizi jamur tiram ini sekarang mudah didapat dimana saja ya bun, dari pasar tradisional hingga supermarket. harganyapun cukup terjangkau dibandingkan harga daging ya bun, jadi bisa menghemat pengeluaran bulanan sehingga tidak membengkak.
Baca Juga : Resep Pelas Udang Sederhana
Bagaimana bunda? cukup mudah bukan membuat Resep Rendang Sayur Jamur Suwir ini. masakan ini juga bisa dijadikan masakan alternatif jika bunda dan keluarga dirumah bosan dengan masakan rendang yang berbahan dasar daging atau ayam. jangan lupa selalu menjaga kebersihan dalam memasak ya bun. selalu cuci tangan sebelum dan sesudah memasak. sekian dulu ya bun Resep Rendang Sayur Jamur Suwir semoga bermanfaat dan selamat mencoba. jangan lupa selalu share resep ini ya bun supaya bunda selalu update resep masakan terbaru.

0 Response to "Resep Rendang Sayur Jamur Suwir Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel