-->

Resep Pelas Udang Dan Cara Membuatnya

Resep Pelas Udang - Selamat siang bunda? tahukah bunda bahwa dalam dunia kuliner, negara kita tercinta memiliki banyak sekali resep masakan beragam yang tentunya sangat menggoyang lidah. dari komposisi bahan, cara pembuatan, cara penyajian, serta resep-resep rahasia setiap daerah yang membuat indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal dengan wisata kulinernya. tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, namun masakan indonesia penuh dengan nutris serta gizi yang baik bagi metabolisme tubuh. salah satunya adalah Resep Pelas Udang yang akan kita bahas kali ini.

Cara memilih udang sebelum diolah juga sangat penting ya bun, sebaiknya pilihlah udang yang masih terlihat segar. cobalah untuk menciumnya dan pastikan udang berbau amis khas udang bukan berbau busuk. nah sebelum bunda mulai mengupas dan membersihkannya cucilah udang minimal 2x dibawah air mengalir supaya udang benar-benar bersih dari kotoran yang menempel. ini juga salah satu cara untuk menjaga agar udang selalu bersih dan higeinis. bunda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis supaya udang tidak terlalu berbau amis.

Resep Pelas Udang merupakan salah satu masakan seafood yang paling digemari kalangan masyarakat indonesia ini. cara pembuatan yang mudah serta bahan baku yang bisa didapat dengan gampang ini bisa menjadi referensi masakan yang bunda bisa buat sendiri dirumah. berbicara mengenai seafood, tentu bunda sudah sangat akrab dengan udang. sedikit tips cara membersihkan udang yaitu sebelum mulai membersihkan udang tangan bunda harus sudah bersih agar udang tidak terkontaminasi bakteri yang ada ditangan bunda. irislah kulit disepanjang badan udang kemudian tariklah isi perut udang yang letaknya dipunggung.

Karena Resep Pelas Udang ini juga menggunakan bahan pelengkap seperti kelapa parut, sebaiknya memilih kelapa yang tidak terlalu tua. cara idealnya adalah dengan mengguncangkannya, jika bunda mendengar kocokan air didalamnya maka berati kelapa itu masih fres. jika tak terdengar bunyi apapun, maka bisa jadi kelapa itu sudah tua. nah tanpa berlama-lama lagi inilah Resep Pelas Udang Dan Cara Membuatnya semoga rasanya enak ya bun sesuai dengan lidah bunda dan keluarga dirumah.

Bahan-Bahan Membuat Pelas Udang

Resep Pelas Udang
Resep Pelas Udang
Bahan-bahan :
  • 300 gram udang kupas, dicincang
  • 1/4 butir kelapa setengah tua parut kasar
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh asam jawa
  • daun pisang untuk membungkus
Bumbu yang dihaluskan :
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 2 cm lengkuas
  • 2 buah kemiri
Cara Membuat Pelas Udang :
  1. Campur udang, kelapa parut, dan bumbu halus.
  2. Aduk rata.
  3. Masukkan garam, gula pasir, dan air asam. Aduk rata
  4. Bungkus dengan daun pisang.
  5. Gulung
  6. Sematkan dengan lidi.
  7. Panggang di atas pan bergelombang di atas api sedang sampai matang.
  8. sajikan
  9. Untuk 12 buah
    Resep Pelas Atau Pepes
    Resep Pelas Atau Pepes
Bagaimana bunda? mudah dan cepat bukan. Resep Pelas Udang ini bisa menjadi referensi jika bunda dan keluarga dirumah bosan dengan menu masakan yang itu-itu saja tentunya dengan bahan utama udang. Pelas Udang ini paling nikmat disajikan dengan nasi putih yang masih hangat dan dicocol dengan sambal terasi atau bunda bisa berkreasi dengan saos dan kecap. pelas udang ini juga bisa bertahan sampai 2 hari dan bisa dikukus kembali supaya tetap hangat.
Baca Juga : Resep Pecak Terong Pedas
meskipun cara pembuatannya cukup mudah bunda juga harus teliti dalam cara pengukusan, karena ini merupakan proses penentuan kematangan udang. jika bunda terlalu sebentar mengukusnya maka bisa jadi udang tidak matang secara merata. sekian dulu Resep Pelas Udang Dan Cara Membuatnya semoga bunda suka dengan resep kali ini. selamat mencoba ya bun dan jangan lupa share resep ini supaya teman bunda juga bisa membuatnya.


0 Response to "Resep Pelas Udang Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel