-->

Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya

Resep Sayur Asam - makanan khas yang berasal dari daerah jawa ini cukup dikenal banyak orang. sayur asem biasanya disebut juga dengan sayur bening. ini dikarenakan kuahnya yang berwarna bening seperti air putih, namun seiring jaman kini sayur asem bisa dimodifikasi dengan kuah yang berwarna kemerahan, ini dikarenakan bumbu yang digunakan memakai cabe yang berwarna merah. selain menambah rasa pedas juga membuat tampilan kuah yang cantik.

Sayur asam ini juga sangat cocok disajikan sebagai lauk sehari-hari dibandingkan dengan sayur yang bersantan, sayur asam lebih menyehatkan karena didalamnya terdapat berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, jagung manis, kacang tanah dll. kelebihan dari sayur asam ini ialah proses pembuatan yang cukup mudah, bahan bakunyapun cukup mudah didapatkan dipasaran dan yang terpenting sayur asam ini tergolong masakan yang cukup murah dan menyehatkan.

Bahan baku utama sayur asem ini juga jangan lupa dicek kebersihan dan cara pemilihan yang benar ya bun, seperti cara memilih jagung manis yang masih segar ialah pilihlah jagung manis yang masih terbungkus daun atau jika telah dikupas masih terbungkus plastik. ini mengurangi penguapan pada jagung dan mencegahnya kering dan mengeras. selain itu, jagung manis yang masih terbungkus daun akan terasa lebih nikmat dan lezat untuk disantap.

Ciri khas dari sayur asem ini adalah dengan rasanya yang manis, asam, dan pedas sehingga sangat cocok jika dipadukan dengan lauk kering. terlebih lagi jika disajikan bersama tempe goreng, sambel terasi atau kerupuk. bagi bunda yang keluarganya sangat menyukai masakan yang satu ini tentu bunda bisa membuat sayur asem yang enak dan lezat dirumah. jika bunda belum tau cara membuatnya inilah Resep Sayur Asem Dan Cara Membuatnya yang enak dan lezat selamat mencoba ya bun.

Bahan - Bahan Membuat Sayur Asem Pedas

Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya
Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya

  • 1 Ikat kacang panjang, cuci bersih dan potong-potong sesuai selera
  • 50 gr kacang melinjo (jika suka)
  • 1 Buah jagung manis, kupas dan potong jadi 4 bagian ataupun sesuai dengan selera
  • 50 gram kacang tanah sayur yang sudah terkupas
  • 1 buah labu siam kupas, cuci bersih kemudian potong-potong membentuk dadu
  • Daun melinjo (jika suka)
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 1 buah cabe merah yang besar
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, yang dimemarkan
Cara Membuat Sayur Asem :
  1. menyiapkan segala bahan yang akan digunakan dengan mencuci segala bahan yang perlu dicuci terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, tiriskan semua bahan disebuah wadah yang bersih.
  3. Iris secara tipis-tipis bawang merah dan juga bawang putih serta cabe merah yang besar, kemudian pisahkan di wadah.
  4. Setelah itu, panaskan minyak untuk menumis bumbu secukupnya
  5. tumis bawang merah dan cabe yang sudah di iris-iris hingga tercium bau harum
  6. kemudian masukan lengkuas dan daun salam.
  7. Masukan air sebanyak 750 milliliter kemudian tunggu sampai mendidih
  8. Setelah air mendidih, masukan kacang panjang, jagung, kacang tanah,kacang melinjo, dan labu siam.
  9. Beri tambahan air asam jawa, garam dan gula sesuai selera sembari di aduk
  10. setelah di rasa matang, matikan api dan masukan daun melinjo di saat-saat terakhir untuk memberikan cita rasa yang sempurna.
    Resep Sayur Asam Masakan Praktis
    Resep Sayur Asam Masakan Praktis
Sebaiknya sebelum mencampurkan seluruh bahan untuk direbus pisahkan dulu bahan baku yang agak lama matang seperti kacang tanah dan melinjo supaya semua bahan matang dengan sempurna. tunggu beberapa saat barulah masukan bahan-bahan lainnya. cukup mudah kan bun? meskipun banyak sekali sayuran yang dicampurkan dalam satu masakan itu justru menambah cita rasa yang unik dan semakin lezat tentunya. bunda juga bisa menambahkan bahan lain seperti terong, atau kubis sesuai selera bunda dan keluarga dirumah.
Baca juga : Rendang Jamur Suwir
Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memasak ya bun, supaya makanan yang akan disajikan terjaga dan terjamin kehigeinisannya. selalu sajikan hidangan makanan selagi hangat ya bun, atau bunda bisa memanaskannya terlebih dahulu supaya makanan bisa tahan lama. sekian dulu untuk Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya semoga bunda dan keluarga dirumah cocok dengan resep masakan kali ini. jangan lupa bagian resep ini ke keluarga teman dan tetangga bunda.



0 Response to "Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel